Kumpulan Artikel Tentang Cara-Cara Mengolah Makanan Dan Berbagi Tips Seputar Kuliner

Cara Membuat Martabak Manis Atau Terang Bulan

Martabak Manis sering juga disebut sebagai Terang Bulan ini dapat disajikan dengan berbagai isian serta tidak mengurangi cita rasanya. Mau di beri isian coklat kacang, keju, atau pun selai strawberry rasanya masih masih mantap dan menggoda siapapun yang melihat. Martabak Manis inilah kue paling familiar di masyarakat Indonesia. Hampir disepanjang jalan baik di desa sampai ibukota pasti ada pedagang martabak kaki lima.  Harganya pun bervariasi, mulai 10 ribu rupiah sampai 30 ribu rupiah. Tergantung dari isi dan jumlah porsi yang disajikan. Kalau untuk dimakan berdua harga termurah saja sudah cukup tapi bila Anda penasaran ingin membuatnya sendiri tidak ada salahnya mencoba Membuat Martabak Manis.

Martabak Manis

Ada beberapa alat dasar yang dibutuhkan untuk membuat martabak manis seperti kompor, loyang, dan wadah adonan. Pada umumnya, loyang untuk membuat martabak manis berbentuk bulat. Namun, jika Anda ingin kreasi lain tidak ada salahnya menggunakan loyang berbentuk kotak. Kalau berbentuk segitiga ? hmm… nampaknya dalam pemotongan tidak akan rata jadi saya sarankan pilih loyang bulat saja.

Bahan

  • Tepung terigu 500 gram
  • Susu cair 500 ml
  • Gula pasir 4 sdm
  • Telur 4 butir, kocok lepas
  • Baking powder 1sendok teh
  • Ragi instan 1½ sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Mentega secukupnya

Cara Membuat

  1. Masukkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan baking powder campur aduk menjadi satu. Tuangkan susu secara bertahap kemudian aduk lagi sampai rata. Masukkan telur ( yang sudah dikocok ) kedalam adonan aduk lagi sampai rata beserta garam. Setelah di aduk rata diamkan adonan kurang lebih selama 30 menit dan tutup dengan kain.
  2. Siapkan loyang atau cetakan martabak manis anti lengket, panaskan, lumuri mentega sedikit saja yang penting rata. Tuang adonan tunggu sampai terlihat berlubang cukup banyak atau setengah matang, taburkan gula pasir, tutup lagi hingga matang.
  3. Jika yakin sudah matang, angkat adonan dari loyang, olesi dengan mentega. Beri isian sesuai keinginan Anda. Bisa kacang dengan susu kental manis coklat dan parutan keju atau dengan selai strawberi dan jeruk. Lipat lalu potong sesuai keinginan dan sajikan.

7 komentar :

  1. follow sukses...ditunggu kunjungan baliknya ....:)

    BalasHapus
  2. ok, terima kasih sudah mengunjungi artikel cara membuat martabak manis

    BalasHapus
  3. sepertinya resep diatas cukup mudah unruk dipraktekan, tapi mengapa martabak manis disebut juga dengan terang bulan, bagaimana asal usulnya?

    BalasHapus
  4. mungkin martabak manis disebut juga terang bulan karena bentuknya yang lubang-lubang seperti muka bulan

    BalasHapus

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK TIDAK SPAM,SARA DAN HARUS MENGGUNAKAN BAHASA BAKU DAN TIDAK SINGKATAN.